Senin, 08 Desember 2014

Air Rebusan Mi Instan Tak Berbahaya ??

Night Bloggerss...! :D

hayoo siapa yang uda hampir tengah malem gini masih tersadarr juga?? gue salah satu nyaa..hahahhaa, umumnya emang uda jadi kebiasaan anak kuliahan atau anak sekolahan buat ngeronda sampe malem gini kaan... entah itu untuk bikin tugas, belajar buat UAS, atau karena emang ga bisa tidur udah kebiasaan ngalong, bahkan ada juga yang karena nge GALAU smpe subuh..*upps HAHAHAHAA

ngeronda sampe malem gini biasanya kita juga bakalan dilanda sama yang namanya "laper di tengah malam".. pernah ga kalian ngerasain gitu? pasti pernah kan ya apalagi yang hobinya ngalong gituu..
dan biasanya apalagi sih yang kita cari dan gali di dapur kalo bukan MIE instant yang katanya udah jadi "makanan kebangsaan" Indonesia.. selain rasanya yang emang enak, nagih, bahkan ngangenin, juga cara buatnya yang mudah, praktis, ga ribet, cepet, yang pasti instant dah pkonya... bikin rasa "laper di tengah malam" kita terobati kan dengan makan mie?? emg mie uda jadi favorit banget apalagi di kalangan anak muda..

nah, ngomongin soal mie nih... kalian pernah denger ga tentang isu yang bilang air rebusan mie kalo ikut kita makan juga itu berbahaya buat kesehatan kita? pasti pernah denger yaa... FYI gw pun sekarang kalo bikin mie, kuahnya ga pernah pake bekas hasil rebusannya, pasti gw ganti pake air dispenser yang panas...yaa karena itu, semenjak gw denger isu tentang itu...

tapi tau ga ada yang bilang ternyata air rebusan mie itu ga berbahaya?? waah, bisa jadi kontroversi ya antara yang bilang berbahaya dan engga... so, di blog kali ini gw bakal bahas tentang air rebusan mie yang katanya ga berbahaya... coba kita baca yuk pembahasannya :)

Air Rebusan Mi Instan Tak Berbahaya?
Banyak orang percaya, mi instan mengandung lapisan lilin yang berbahaya bagi kesehatan. Dugaan sejumlah orang, lilin digunakan untuk membuat mi instan tahan lama. Hal ini pula yang menyebabkan beberapa orang selalu membuang air rebusan mi instan pertama untuk menghindari bahaya lilin. Benarkah hal tersebut?

Nutrition and Health Science manager dari Nutrifood Research Center, Astri Kurniati S.T MAppSc menanggapi hal tersebut. Menurutnya, hingga saat ini tidak ditemukan penggunaan lilin dalam mi instan dalam proses produksi.
"Mi instan mengandung lilin itu mitos. Kami melihat, dalam proses produksi nggak ada bahan lilin. Adonan yang dibuat seperti terigu, telur dan sebagainya dicetak kemudian digoreng sampai kering. Kenapa digoreng? Itulah yang membuat mi bisa tahan lama hingga berbulan-bulan," kata Astri saat ditemui dalam acara peluncuran buku 101 Mitos Kesehatan di Plaza Senayan, Jakarta, Rabu (2/12/2014).
Sedangkan air yang keruh setelah merebus mi instan, kata Astri, itu disebabkan oleh pelepasan sebagian pati dan lemak dari proses menggoreng mi. Inilah yang membuat mi instan kaya lemak jenuh sehingga tidak baik dikonsumsi berlebihan.

Yang menarik, dalam buku 101 Mitos Kesehatan disebutkan cara mengonsumsi mi instan agar menjadi lebih sehat. Pertama, kurangi penggunaan bumbu mi untuk mengurangi asupan garam harian, Kedua, konsumsi mi instan dengan banyak sayuran seperti sawi atau bayam. Ketiga, padankan mi instan dengan protein seperti telur. Selebihnya, pilih mi instan yang di-oven (air dried), bukan digoreng.


Naah, gmn bloggers sekarang uda paham kan apa rebusan mie instant itu berbahaya atau engga?
jadi lebih lega deh ya sekarang kalo bikin mie ga khawatir lagi harus ganti" airnya dulu sebelum dimakan... hahaha :D

tp ttp aja saran gw sih buat para bloggers lebih baik dikurangi makan makanan instant kaya gitu... karena emang kenyataannya ga baik kan untuk kesehatan...bisa bikin kanker dll..

okee segitu dulu pembahasan kali ini yaa bloggers... semoga bermanfaat infonya untuk menambah wawasan kaliann :)

selamat melanjutkan rondanya yaa :D CHEERS!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar