Rabu, 10 Desember 2014

Pria Perokok Beresiko Kehilangan Kromosom Y Tiga Kali Lipat

Night Bloggers...! :D

Dalam blog kali ini, gw bakal bahas tentang bahayanya merokok..
FYI aja buat bloggers bahwa saya sebagai penulis blog ini mengatakan dengan tegas bahwa saya TIDAK suka sekali dengan yang namanya rokok.. dan tidak akan pernah tertarik untuk coba" ngeroko.. dan gatau kenapa karena saya benci sama rokok, kalo ngeliat ada yang ngeroko saya seketika itu juga sebel dengan orang tersebut :D hahahaa...well, bapa gue aja gue omelin kalo berani"nya ngeroko lagi..

banyak yang bilang terutama cowo" nih ya.. katanya ga jantan klo ga ngeroko, apalagi yg belum pernah cobain roko.. whatt?? menurut gw pribadi sih ya, justru PRIA SEJATI itu yg GA pernah cobain rokok..brarti dia tau mana yang bener dan mana yang engga, dan dia ga mau coba" dan ga kompromi dengan hal" negatif kaya gitu.. dan jujur gw menaruh hormat dan salut banget sama cowo yang ga pernah cobain rokok seumur hidupnya...gw menghargai itu, karena apa? coba cek hari gini berapa banyak cowo yang belum pernah ngeroko? persenannya kecil banget kan? sori sori ya gw cewe dan bagi gw cowo yg ga  pernah ngeroko itu justru lebih atraktif alias lebih bisa menarik perhatian drpda yg suka apalagi maniaak ngeroko..

dan lagi yang gw ga abis pikir sma org" yg suka ngeroko..gw cmn mau nanya..apa sih untungnya ngeroko? enak? bikin nge-fly for awhile gitu? kalo ada masalah, lagi pusing, lagi galau..larinya ke ngeroko.. heloo guys, emg beresin masalah? emg sih katanya bikin ngerasa lebih baik..tapi sementara kan? udhnya emg bisa membuat keadaan lebih baik??
dan coba pikir deh apa aja hal negatif akibat dari merokok dan coba kalian bandingin sama hal positif yang bisa didapet..
uda ngabisin uang cuman buat ngisep" gituan, udhnya jadi kecanduan, udhnya bikin penyakit, bukan ke diri sndiri tp ke org sekitar jg, bikin muka kucel, lusuh kaya tukang bangunan, muka jadi ngabisin umur... yahh intinya buat gw, jgn tersinggungg yaa buat bloggers yg ngeroko... buat gw nih ya hanya orang BODOH yang ngeroko.. kenapa coba? di iklan roko aja udah di kasih tau di bawahnya tulisan segede-gede jebot gitu "Merokok Membunuhmu", di tambah lagi di kardus bungkusan rokoknya aja uda di kasih gambar penyakit akibat dari ngeroko, gambar uda seserem itu dan masih di beli juga??? ya apalagi namanya kalo bukan bodo??

yaa menurut gw org yg ngeroko itu kaya orang yang pelan-pelan bunuh diri aja sih...istilahnya bunuh diri dengan cara nikmat gitu ya...hahaha
tuh kan, jadi emosi sendiri kalo ngomongin rokok beneran deh...saking sebelnya gw sama rokok...karna jujur menghirup asap rokoknya aja uda bikin gw ga betah...batuk-batuk, mual, dan bikin gw jadi seret tenggorokan..ya karna emg gw ga terbiasa menghirupnya..

nah, jadi untuk memperjelas lagi salah satu alasan kenapa gw benci rokok.. gw mau share artikel menarik tentang bahaya merokok buat pria khususnya..jadi buat kalian para perokok khususnya para PRIA yahh boleh disimak baik-baik artikel di bawah ini...siapa tau bisa tergerak hatinya untuk berhenti merokok yaa..



Studi: Pria Perokok Berisiko Kehilangan Kromosom Y Tiga Kali Lipat
VIVAlife - Pria perokok memiliki risiko kehilangan kromosom Y tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan pria non-perokok. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah studi yang belum lama ini dilakukan.
Studi itu untuk mengetahui mengapa pria mengembangkan dan meninggal karena banyak jenis kanker pada tingkat yang tidak proporsional dibandingkan dengan wanita.
Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Science, para peneliti di Uppsala University di Swedia menemukan bahwa kromosom Y, yang penting untuk penentuan seks dan produksi sperma, cenderung menghilang dari sel-sel darah seorang pria perokok dibandingkan pria yang tidak pernah merokok atau pria yang telah berhenti merokok.
Karena hanya pria yang memiliki kromosom Y, maka temuan tersebut memberikan jawaban, mengapa merokok merupakan faktor risiko kanker yang lebih tinggi di kalangan pria dibandingkan wanita, seperti dilansir Reuters, 4 Desember 2014.
"Terdapat korelasi antara faktor risiko umum dan faktor risiko yang dapat dihindari, yaitu merokok, dan mutasi manusia yang paling umum adalah hilangnya kromosom Y," kata Jan Dumanski, seorang profesor di Uppsala University yang melakukan studi ini.
Ia juga menjelaskan bahwa temuan tersebut mungkin dapat menjelaskan mengapa pria pada umumnya memiliki jangka hidup yang lebih pendek daripada wanita dan mengapa merokok lebih berbahaya bagi pria.
Selain kanker paru-paru, merokok memiliki deretan faktor risiko utama untuk mengidap berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung, stroke dan tekanan dara tinggi. Data epidemiologi menunjukkan pria perokok memiliki risiko mengidap kanker paru-paru yang lebih tinggi dibandingkan wanita perokok.
Tim peneliti studi menganalisa data lebih dari 6.000 pria dengan usia, kebiasaan olahraga, kadar kolesterol, status pendidikan, asupan alkohol, faktor perilaku dan berbagai kondisi kesehatan yang beragam. Mereka kemudian menemukan bahwa pada pria perokok, hilangnya kromosom Y tampaknya tergantung dengan dosis rokok mereka.

Dengan kata lain, pria yang dalam sehari menghabiskan banyak rokok kehilangan lebih banyak kromosom Y, sedangkan pria yang telah berhenti merokok mampu mendapatkan kembali kromosom Y mereka.
Lars Forsberg, yang juga bekerja pada studi ini, mengatakan fakta ini memberikan kemungkinan bahwa hilangnya kromosom Y akibat kebiasaan merokok mungkin saja bersifat reversibel.
"Temuan ini bisa sangat persuasif untuk memotivasi perokok agar segera berhenti," katanya.
Sementara itu, para peneliti belum mengetahui apa kaitan antara kehilangan kromosom Y dalam sel darah dengan perkembangan kanker. Dugaan sementara yang paling mungkin terjadi ialah kapasitas sel-sel kekebalan dalam darah yang telah kehilangan kromosom Y berkurang untuk melawan sel-sel kanker.


nah gmn bloggers? gw aja ngeri setelah baca artikel ini... So, please buat bloggers yg pecandu rokok...gw menyarankan untuk segera berhenti merokok sebelum terlambat, buat kalian sendiri kok bukan untuk org lain.. jangan nunggu dulu sampe beneran kejadian baru udahnya menyesal...ga ada gunanya..lebih baik berhenti sekarang demi kehidupan yang lebih baik di depan nanti kan? apalagi cowo" yg masih pada muda" nih... mau masa depannya rusak cmn karna memberhalakan rokok?? ga kan?

yahh semoga blog yg gw share ini bisa berguna dan menambah wawasan dan pengetahuan juga yaa buat bloggers.. boleh d share balik buat bloggers yg pengen share untuk temen" kalian yg masih terjerat rokok..supaya kita bisa bantu tmen" kita menyadarkan mereka untuk berhenti merokok demi masa depan mereka yang lebih baik :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar